Wednesday, December 6, 2017

ZAKAT UNTA

https://hsssnwwwayyya58.blogspot.co.id/2017/12/fathul-qorib-mujib.html 


(فصل)
 وأول نصاب الإبل خمسة وفيها شاة وفي عشر شاتان وفي خمسة عشر ثلاث شياة وفي عشرين أربع شياة وفي خمس وعشرين بنت مخاض وفي ست وثلاثين بنت لبون وفي ست وأربعين حقة وفي إحدى وستين جذعة وفي ست وسبعين بنتا لبون وفي إحدى وتسعين حقتئن وفي مائة وإحدى وعشرين ثلاث بنات لبون ثم في كل أربعين بنت لبون وفي كل خمسين حقة
Nishab Zakat Unta:
Permulaan nisab onta itu 5 ekor. Dan (zakatnya) untuk 5 ekor adalah 1 ekor biri-biri umur 1-2 tahun. 10 ekor unta adalah 2 ekor biri-biri umur 1-2 tahun. 15 ekor unta adalah 3 ekor biri-biri umur 1-2 tahun. 25 ekor unta adalah 1 ekor unta betina umur 1-2 tahun. 38 ekor unta adalah 1 ekor unta betina umur 2-3 tahun. 46 ekor unta adalah 1 ekor unta betina umur 3-4 tahun. 61 ekor unta adalah 1 ekor unta betina umur 4-5 tahun. 76 ekor unta adalah 2 ekor unta betina umur 2-3 tahun. 91 ekor unta adalah 2 ekor unta betina umur 2-3 tahun. 121 ekor unta adalah 3 ekor unta betina umur 2-3 tahun. Kemudian untuk tiap 40 ekor (seterusnya) zakatnya 1 ekor unta betina umur 2-3 tahun, dan untuk tiap 50 ekor (seterusnya) zakatnya 1 ekor unta betina umur 3-4 tahun.


Zakat Unta
Hukum wajibnya zakat unta beserta kadar nishab-nya dinyatakan dalam hadits Abu Bakar t dan ijma'.
Berikut daftar nishab zakat unta:
1.      Setiap 5 unta zakatnya 1 kambing. Setiap 10 unta zakatnya 2 kambing. Setiap 15 unta zakatnya 3 kambing. Setiap 20 unta zakatnya 4 kambing. Ketentuan ini sabda Rasulullah r,
لَيْسَ فِيْمَا دُوْنَ خَمْسِ ذُوْدٍ صَدَقَةٌ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
"Tidak ada zakat untuk unta di bawah lima ekor." (Muttafaqun 'Alaih)
Ukuran zakat ini sudah disepakati oleh ulama'.
2.      Dari 25-35 ekor unta zakatnya seekor bintu mahadh (unta betina yang sudah berusia setahun dan masuk pada tahun kedua) atau ibnu labun menurut Malikiyah dan Syafi'iyah.
3.      Dari 36-45 ekor unta zakatnya seekor bintu labun (unta betina yang sudah genap dua tahun dan masuk tahun ketiga).
4.      Dari 46-60 ekor unta zakatnya seekor hiqqah (unta betina yang sudah genap tiga tahun dan masuk tahun keempat).
5.      Dari 61-75 ekor unta zakatnya seekor jada'ah (unta betina yang sudah genap empat tahun dan masuk tahun kelima).
6.      Dari 76-90 ekor unta zakatnya dua ekor bintu labun.
7.      Dari 91-102 ekor unta zakatnya dua ekor hiqqah.
8.      Dari 121-129 ekor unta zakatnya tiga ekor bintu labun menurut jumhur. Menurut Hanafiyah zakatnya dua hiqqah dan seekor kambing sebab jika untanya sudah lebih dari 120 ekor perhitungan zakatnya kembali ke awal. Menurut Malikiyah penggembala boleh memilih antara mengeluarkan zakat dengan dua hiqqah atau tiga bintu labun.
9.      Dari 130-… maka zakat setiap 40 ekornya menurut jumhur adalah seekor bintu labun dan setiap 50 ekor zakatnya seekor hiqqah berdasarkan sabda Nabi r,
فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِيْنَ وَ مِئَةٍ، فَفِيْ كُلِّ أَرْبَعِيْنَ بِنْتُ لَبُوْنٍ. رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَ اَلتِّرْمِذِيُّ.
"Jika untanya sudah lebih dari 120 ekor, maka untuk setiap 40 ekor zakatnya adalah seekor bintu labun." (H.R. Abu Daud dan At-Tirmidzi)
Dalam riwayat Ad-Daruquthni disebutkan,
 إِلَى عِشْرِيْنَ وَ مِئَةٍ، فَفِيْ كُلِّ أَرْبَعِيْنَ بِنْتُ لَبُوْنٍ، وَ فِيْ كُلِّ خَمْسِيْنَ حِقَّةٌ.
"Sampai 120 ekor, maka untuk setiap 40 ekor zakatnya seekor bintu labun dan untuk setiap 50 ekor zakatnya adalah seekor hiqqah."
Menurut Hanafiyah, jika untanya sudah mencapai 120 ekor, maka penghitungannya kembali ke awal. Jika sudah lebih lima, maka untuk setiap lima ekor zakatnya seekor kambing ditambah dengan dua hiqqah. Keadaan seperti ini berlangsung di tiga tempat:
Pertama, hitungan dimulai dari 121. Dari 121-129 ekor unta zakatnya adalah dua hiqqah dan seekor kambing. Dari 130-134 ekor unta zakatnya adalah dua hiqqah dan dua ekor kambing. Dari 135-139 ekor unta zakatnya adalah dua hiqqah dan tiga ekor kambing. Dari 140-144 ekor unta zakatnya adalah dua hiqqah dan empat ekor kambing. Dari 145-149 ekor unta zakatnya adalah dua hiqqah dan seekor bintu makhad.
Kedua, hitungan dimulai dari 150. Dari 150-154 ekor unta zakatnya adalah tiga hiqqah. Dari 155-159 ekor unta zakatnya adalah tiga hiqqah dan seekor kambing. Begitu seterusnya, bersama dengan tiga hiqqah dikeluarkan zakat seekor kambing untuk setiap lima ekor unta, dua kambing untuk setiap 10 ekor unta, tiga kambing untuk setiap 15 ekor unta, empat kambing untuk setiap 20 ekor unta, seekor bintu makhad untuk setiap 25 ekor unta, seekor bintu labun untuk setiap 36 ekor unta. Jika sudah mencapai 196 ekor unta, maka zakatnya adalah dua hiqqah untuk tiap 200 ekornya.
Ketiga, setelah 200, perhitungannnya akan selalu kembali sebagaimana perhitungan setelah 150 ekor unta sampai ia wajib mengeluarkan satu hiqqah untuk tiap 50 ekor untannya.
Dalil dari kembalinya perhitungan ini adalah apa yang ada dalam kitab Abu Bakar bin Hazm yang di dalamnya dijelaskan tata cara mengeluarkan zakat unta sampai 120 ekor.
فَإِذَا كَانَتْ أَكْثَرُ مِنْ عِشْرِيْنَ وَ مِئَةٍ فَإِنَّهَا تُعَادُ إِلَى أَوَّلِ فَرِيْضَةِ الْإِبِلِ. رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ.
"Jika sudah lebih dari 120 ekor, maka perhitungannya kembali ke awal." (H.R. Abu Daud)
Menurut Hanafiyah tidak boleh mengeluarkan zakat dengan unta jantan kecuali jika harganya sama seperti unta betina. Berbeda dengan sapi dan unta, pemiliknya boleh memilih untuk menzakatkan yang jantan atau betina.
Fuqaha' telah sepakat bahwa bilangan antara dua bilangan yang wajib zakat disebut al-awqash dan tidak ada kewajiban untuk menzakatinya berdasarkan hadits Abu 'Ubaid dari Yahya bin Al-Hakam, ia meriwayatkan bahwasanya Nabi r bersabda,
 إِنَّ الْأَوْقَاصَ لَا صَدَقَةَ فِيْهَا.
"Sesungguhnya tidak ada zakat untuk al-awqash."
Sebab harta yang tidak mencapai nishab dimaafkan dan tidak ada kewajiban zakat atasnya.

No comments:

Post a Comment