وكمال الذكاة أربعة أشياء قطع الحلقوم والمريء والودجين والمجزئ منها شيئان
قطع الحلقوم والمريء ويجوز الاصطياد بكل جارحة معلمة من السباع ومن جوارح
الطير وشرائط تعليمها أربعة أن تكون إذا أرسلت استرسلت وإذا زجرت انزجرت
وإذا قتلت صيدا لم تأكل منه شيئا وأن يتكرر ذلك منها فإن عدمت أحد الشرائط
لم يحل ما أخذته إلا أن يدرك حيا فيذكى وتجوز الذكاة بكل ما يجرح إلا بالسن
والظفر وتحل ذكاة كل مسلم وكتابي ولا تحل ذبيحة مجوسي ولا وثني وذكاة
الجنين بذكاة أمه إلا أن يوجد حيا فيذكى وما قطع من حي فهو ميت إلا الشعور
المنتفع بها في المفارش والملابس
Dan sembelihan yang sempurna ada empat hal memotong tenggorokan,
kerongkongan, kedua urat leher dan cukup dua. Memotong aliran udara dan
aliran darah. Diperbolehkan berburu dengan semua hewan yang bisa melukai
dari binatang buas yang terdidik. Dan dari burung yang terdidik. Sarat
terdidiknya hewan ada empat:
1. Ketiaka disuruh maka dia pergi
2. Ketika dilarang dia berhenti
3. Ketika dia berburu dia tidak memakannya sedikitpun
4. Hal ini terulang ulang
Ketika salah satu sarat empat tersebut tidak ada maka hewan tangkapannya
tidak hlal kecuali buruan tersebut ditemuinya dalam keadaan hidup dan
disembelihnya.
Diperbolehkan menyembelih dengan sesuatu yang bias melukai kecuali gigi,
tulang. Dan halal sembelihannya muslim dan juga halal sembelihannya kitabi.dan
tidak halal sembelihannya majusi dan penyembah berhala. Dan cara
menyebelih janin yang ada di kandungan adalah dengan menyebelih induknya
kecuali bila didapatinya masih hidup maka harus disembelih. Anggota
yang terpotong dari hewan yang masih hidup adalah seperti bangkai
kecuali rambut yang bias dimanfaatkan untul tikar dan pakian.
Menambah (sembelihan) potongan, memecahkan leher atau memecahkan
pungguhnya,memotong anggota tubuh , menggerak gerakkannya dan
memindahkan ketempat lain,itu hukumnya makruh, dan dagingnya tetap halal, dengan syarat jika pada sembelihan pertama syarat dan rukunnya menyembelih sudah terpenuhi semua.
Ta’bir kitab majmu’.
المسألة السادسة ) قال أصحابنا – رحمهم الله –
: إذا قطع الحلقوم أو
المريء والودجين استحب أن يقتصر على ذلك ويكره أن يبين رأسه في الحال ، وأن
يزيد في القطع وأن يكسر عنقها وأن يكسر الفقار ، وأن يقطع عضوا منها وأن
يحركها ، وأن ينقلها إلى مكان آخر ، وكل ذلك مكروه بل يتركه كله حتى
تفارقها الروح وتبرد . ويستحب أن لا يمسكها بعد الذبح مانعا لها من
الاضطراب
، وقد ذكر المصنف أدلة هذه الأمور والله أعلم .
Akan tetapi jika pada sembelihan pertama belum sempurna seperti
kerongkongan hewan tersebut belum putus sempurna, maka ketika hendak
menyembelih ulang, disyaratkan adanya hayat mustaqirroh.
Tanda-tanda adanya Hayat mustaqirroh adalah: Bergerak keras ketika disembelih atau muncratnya darah saat disembelih.
ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻌﻼﻣﺎﺕ ﺍﻟﺪﺍﻟﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﻤﺴﺘﻘﺮﺓ ﺍﻟﺤﺮﻛﺔ ﺍﻟﺸﺪﻳﺪﺓ ﻭﺍﻧﻔﺠﺎﺭ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﺗﺪﻓﻘﻪ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺬﺑﺢ ﺍﻟﻤﺠﺰﻱ ﻭﺻﺤﺢ ﺃﻧﻪ ﺗﻜﻔﻲ ﺍﻟﺤﺮﻛﺔ ﺍﻟﺸﺪﻳﺪﺓ ﻭﺣﺪﻫﺎ.
والحياة المستقرة هي ان تكون الروح في الجسد ومعها ابصار ونطق وحركة اختيارية
وعلامة الحياة المستقرة احد امرين: اما تفجر الدم ، او الحركة العنيفة بعده ، ولا يشترطان معا علي الصحيح.
ta’bir hasyiyah Bajuri 1/372
قوله يكون قطع ما ذكر
أي من الحلقوم والمريء
قوله دفعة واحدة لا دفعتين أي إذا لم توجد الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية
أما إذا وجدت الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية فيحل المذبوح حينئذ
ومثل الدفعة الثانية غيرها
Boleh dan halal dimakan dagingnya selagi jarak sembelihan pertama dan
kedua tidak lama, bila keduanya berjarak maka disyaratkan adanya
keberadaan hayat mustaqirrah pada hewan yang ia sembelih..
ويشترط في قطع ذلك ان يكون دفعة واحدة فلو قطع باكثر كما لو رفع السكين
فاعادها فورا او القاها لكللها واخذ غيرها او سقطت منه فاخذها او قلبها
وقطع ما بقي وكان فورا حل ولا يشترط وجود الحياة المستقرة في دفعة الفعل
الثاني الا ان طال الفصل بين الفعلين فلا بد من وجود الحياة المستقرة اول
الفعل الثاني
Dan disyaratkan dalam pemotongan tersebut dengan sekali potongan maka
bila dipotong dengan lebih banyak seperti bila ia mengangkat pisau
kemudian ia kembalikan secepatnya atau ia letakkan pisau tersebut karena
tumpul dan ia ambil pisau lainnya atau pisaunya terjatuh kemudian
segera ia ambil atau ia ganti dan ia memotong bagian yang tersisa dan
yang demikian itu dilakukan secepatnya maka halal daging hewan
sembelihannya.
Dan tidak disyaratkan adanya keberadaan hayat mustaqirroh dalam ulangan
pemotongan yang kedua kecuali bila jarak antara dua pemotongan tersebut
lama maka disyaratkan adanya keberadaan hayat mustaqirroh saat memulai
pemotongan yang kedua.
Tanwiir al-Quluub Hal. 237(Fiz)
No comments:
Post a Comment