Wednesday, December 6, 2017
JUMLAH RAKAAT
JUMLAH RAKAAT SHALAT FARDHU (WAJIB)
Barangsiapa yang tidak mampu berdiri dalam shalat fardhu maka boleh shalat duduk, yang tidak mampu duduk, boleh shalat tidur miring.
(فصل)
وركعات الفرائض سبعة عشر ركعة: فيها أربع وثلاثون سجدة وأربع
وتسعون تكبيرة وتسع تشهدات وعشر تسليمات ومائة وثلاث وخمسون تسبيحة. وجملة
الأركان في الصلاة مائة وستة وعشرون ركنا: في الصبح ثلاثون ركنا وفي المغرب
اثنان وأربعون ركنا وفي الرباعية أربعة وخمسون ركنا. ومن عجز عن القيام في
الفريضة صلى جالسا ومن عجز عن الجلوس صلى مضطجعا.
Jumlah raka’at shalat fardhu ada 17 (tujub belas) roka’at, 34 sujud,
94 takbir, 9 tahiyat, 10 salam, 153 tasbih. Jumlah rukun dalam shalat
ada 126 rukun. Shalat subuh 30 rukun, maghrib 42 rukun, shalat empat
rakaat ada 54 rukun.Barangsiapa yang tidak mampu berdiri dalam shalat fardhu maka boleh shalat duduk, yang tidak mampu duduk, boleh shalat tidur miring.
عَنْ
عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ
كَانَ أَوَّلَ مَا افْتُرِضَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةُ رَكْعَتَانِ رَكْعَتَانِ إِلَّا الْمَغْرِبَ
فَإِنَّهَا كَانَتْ ثَلَاثًا ثُمَّ أَتَمَّ اللَّهُ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ
وَالْعِشَاءَ الْآخِرَةَ أَرْبَعًا فِي الْحَضَرِ وَأَقَرَّ الصَّلَاةَ
عَلَى فَرْضِهَا الْأَوَّلِ فِي السَّفَرِ
Dari Aisyah istri Nabi shollallahu
alaihi wasallam beliau berkata: Pertama yang diwajibkan sholat kepada
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam adalah dua rokaat dua rokaat
kecuali Maghrib yang 3 rokaat. Kemudian Allah sempurnakan (jumlah
rokaat) Dzhuhur, Ashar, dan Isya’ akhir 4 rokaat dalam kondisi hadir
(tidak safar) dan ditetapkan sholat sebagaimana kewajibannya yang awal
di waktu safar (H.R Ahmad, dinyatakan sanadnya jayyid oleh Syaikh
al-Albaniy dalam Silsilah as-Shahihah penjelasan riwayat no 2815)
Dalil Khusus Sholat Subuh : 2 Rokaat
عَنْ
قَيْسِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ
الصُّبْحِ رَكْعَتَانِ فَقَالَ الرَّجُلُ إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ
الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ فَسَكَتَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Qoys bin Amr –radhiyallahu anhu-
beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melihat seorang
laki-laki sholat dua rokaat setelah sholat Subuh. Maka Rasulullah
shollallahu alaihi wasallam bersabda: Sholat Subuh itu dua rokaat. Maka
orang itu mengatakan: Sesungguhnya aku belum sholat dua rokaat
sebelumnya (sebelum sholat Subuh) maka aku mengerjakannya sekarang. Maka
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam diam (H.R Abu Dawud, dishahihkan
Ibn Hibban dan al-Hakim, disepakati keshahihannya oleh adz-Dzahabiy dan
al-Albaniy)
Sholat Dzhuhur : 4 rokaat
عَنْ
أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى
الظُّهْرَ بِالْمَدِينَةِ أَرْبَعًا وَصَلَّى الْعَصْرَ بِذِي
الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ
Dari Anas radhiyallahu bahwasanya
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam sholat Dzhuhur di Madinah 4
rokaat, dan sholat Ashar di Dzulhulaifah 2 rokaat (H.R Muslim)
أَنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا
فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ أَزِيدَ فِي الصَّلَاةِ قَالَ وَمَا ذَاكَ
قَالُوا صَلَّيْتَ خَمْسًا فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ
“Sesungguhnya Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam sholat dzhuhur 5 rokaat, ketika selesai salam ditanyakan kepada beliau: Apakah sholat ditambah? Nabi menyatakan: Ada apa? Para Sahabat berkata: Anda telah sholat 5 rokaat. Maka beliau sujud dua kali sujud (sujud sahwi)” (H.R al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).
Sholat Ashar : 4 rokaat
أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الْعَصْرَ
فَسَلَّمَ فِي ثَلَاثِ رَكَعَاتٍ ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ فَقَامَ إِلَيْهِ
رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْخِرْبَاقُ وَكَانَ فِي يَدَيْهِ طُولٌ فَقَالَ يَا
رَسُولَ اللَّهِ فَذَكَرَ لَهُ صَنِيعَهُ وَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ
رِدَاءَهُ حَتَّى انْتَهَى إِلَى النَّاسِ فَقَالَ أَصَدَقَ هَذَا قَالُوا
نَعَمْ فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ
سَلَّمَ
“Sesungguhnya Rasulullah shollallaahu
‘alaihi wasallam sholat ashr, kemudian beliau salam pada rokaat ke-3
kemudian masuk rumahnya, maka bangkitlah seseorang yang disebut
al-Khirbaaq yang memiliki tangan panjang. Maka ia berkata: Wahai
Rasulullah…kemudian disebutkan apa yang dilakukan Nabi. Maka beliau
kemudian keluar (seperti terlihat marah) menarik selendangnya sampai (di
hadapan) manusia. Kemudian beliau bertanya: ‘Apakah lelaki ini
benar?’Para Sahabat menjawab: ya. Maka kemudian Nabi sholat satu rokaat,
kemudian salam, kemudian sujud 2 kali sujud, kemudian salam” (H.R
Muslim dari Imron bin Hushain).
لاَ تُوْتِرُوا بِثَلَاثٍ وَلَا تَشَبَّهُوْا بِصَلاَةِ الْمَغْرِبِ أَوْتِرُوْا بِخَمْسٍ أَوْ بِسَبْعٍ
Janganlah witir dengan 3 rokaat dan
jangan menyerupai sholat maghrib. Berwitirlah dengan 5 atau 7 rokaat
(H.R al-Hakim, dinyatakan shahih sesuai syarat al-Bukhari dan Muslim
oleh adz-Dzahabiy) dalam riwayat atThohawy pada syarh Ma’aaniy al-atsar
dinyatakan dengan lafadz:
لاَ تُوْتِرُوْا بِثَلَاثِ رَكَعَاتٍ تَشَبَّهُوْا بِالْمَغْرِبِ
Janganlah kalian berwitir dengan 3
rokaat yang menyerupai Maghrib (H.R atThohawiy dalam syarh Ma’aaniy
al-Atsar no 1609, dinyatakan sanadnya shahih oleh al-Albaniy dalam
sholaatut taraawih).
Para Ulama menjelaskan bahwa witir boleh
3 rokaat, sama jumlah rokaatnya dengan Maghrib, tapi jangan sama dalam
tata caranya, yaitu ada 2 tahiyyat/tasyahhud. Kalau mau witir 3 rokaat,
mestinya satu kali tahiyyat di akhir saja.
Sholat Isya’ : 4 rokaat
عَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ شَكَا أَهْلُ الْكُوفَةِ سَعْدًا إِلَى
عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَعَزَلَهُ وَاسْتَعْمَلَ عَلَيْهِمْ
عَمَّارًا فَشَكَوْا حَتَّى ذَكَرُوا أَنَّهُ لَا يُحْسِنُ يُصَلِّي
فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ فَقَالَ يَا أَبَا إِسْحَاقَ إِنَّ هَؤُلَاءِ
يَزْعُمُونَ أَنَّكَ لَا تُحْسِنُ تُصَلِّي قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ أَمَّا
أَنَا وَاللَّهِ فَإِنِّي كُنْتُ أُصَلِّي بِهِمْ صَلَاةَ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَخْرِمُ عَنْهَا أُصَلِّي صَلَاةَ
الْعِشَاءِ فَأَرْكُدُ فِي الْأُولَيَيْنِ وَأُخِفُّ فِي الْأُخْرَيَيْنِ
Dari Jabir bin Samuroh beliau berkata:
Ahlul Kufah mengadukan Sa’ad (bin Abi Waqqosh) radhiyallahu anhu kepada
Umar radhiyallahu anhu, maka Umar melepas jabatan itu (sebagai gubernur
Kufah) dari Sa’d. Umar menggantikannya dengan Ammar. Penduduk Kufah
mengadukan keadaan Sa’ad bahkan menyebutkan bahwa Sa’ad tidak baik dalam
sholatnya. Kemudian Umar mengutus orang kepada Sa’ad dan berkata: wahai
Abu Ishaq (Sa’ad), sesungguhnya orang-orang ini mengaku bahwa engkau
tidak baik dalam sholat. Abu Ishaq (Sa’ad) menyatakan: Saya demi Allah
telah melakukan sholat sebagaimana sholat Rasulullah shollallahu alaihi
wasallam. Saya tidak menguranginya. Saya melakukan sholat Isya dengan
memanjangkan bacaan di dua rokaat awal dan meringankan bacaan di dua
rokaat akhir… (H.R al-Bukhari)
Subscribe to:
Posts (Atom)