Wednesday, December 6, 2017

PERKARA YANG DI TNGGAL

https://hsssnwwwayyya58.blogspot.co.id/2017/12/fathul-qorib-mujib.html 




PERKARA YANG TERTINGGAL DALAM SHALAT
(فصل)
 والمتروك من الصلاة ثلاثة أشياء: فرض وسنة وهيئة. فالفرض لا ينوب عنه سجود السهو بل إن ذكره والزمان قريب أتى به وبنى عليه وسجد للسهو. والسنة لا يعود إليها بعد التلبس بالفرض لكنه يسجد للسهو عنها. والهيئة لا يعود إليها بعد تركها ولا يسجد للسهو عنها وإذا شك في عدد ما أتى به من الركعات بنى على اليقين وهو الأقل وسجد للسهو. وسجود السهو سنة ومحله قبل الزلام.
Perkara yang ditinggal dalam shalat ada tiga macam yaitu fardhu, sunnah dan hai’ah. Adapun fardhu yang tertinggal tidak perlu mengganti apabila murni karena lupa tetapi apabila ingat dan waktunya dekat maka harus dilakukan dan sujud sahwi. Sedang sunnah yang tertinggal tidak perlu mengulangi apabila sudah melakukan hal yang fardhu akan tetapi hendaknya melakukan sujud sahwi. Sedang hai’ah yang tertinggal tidak perlu mengulangi dan sujud sahwi.
Apabila ragu dalam jumlah rakaat shalat, maka lakukan berdasar rakaat yang yakin yaitu yang paling sedikit dan hendaknya sujud sahwi. Sujud sahwi itu sunnah dan dilakukan sebelum salam.

(Fasal) sesuatu yang ditinggalkan dari sholat ada tiga perkara.
‏( ﻓَﺼْﻞٌ ﻭَﺍﻟْﻤَﺘْﺮُﻭْﻙُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔُ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀَ
Yaitu fardlu, yang juga disebut dengan rukun, sunnah ab’ad dan sunnah haiat dua ini adalah selain fardlu.
ﻓَﺮْﺽٌ ‏) ﻭَﻳُﺴَﻤَّﻰ ﺑِﺎﻟﺮُّﻛْﻦِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ‏( ﻭَﺳُﻨَّﺔٌ ﻭَﻫَﻴْﺌَﺔٌ ‏) ﻭَﻫُﻤَﺎ ﻣَﺎ ﻋَﺪَﺍ ﺍﻟْﻔَﺮْﺽَ
Mushannif menjelaskanketiganya di dalam perkataan beliau, “fardlu tidak bisa digantikan oleh sujud sahwi.”
ﻭَﺑَﻴَّﻦَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺍﻟﺜَّﻠَﺎﺛَﺔَ ﻓِﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ‏( ﻓَﺎﻟْﻔَﺮْﺽُ ﻟَﺎ ﻳَﻨُﻮْﺏُ ﻋَﻨْﻪُ ﺳُﺠُﻮْﺩُ ﺍﻟﺴَّﻬْﻮِ
Bahkan ketika ia ingat telah meninggalkan fardlu, dan posisinya masih di dalam sholat, maka wajib baginya untuk melakukan fardlu yang telah ditinggalkan dan sholatnya dianggap selesai. Atau ingat setelah salam, dan masanya masih relatif sebentar, maka wajib baginya untuk melakukan fardlu yang ditinggalkan dan meneruskan apa yang tersisa dari sholatnya, serta melakukan sujud sahwi.
ﺑَﻞْ ﺇِﻥْ ﺫَﻛَﺮَﻩُ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻔَﺮْﺽَ ﻭَﻫُﻮَ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺃَﺗَﻰ ﺑِﻪِ ﻭَﺗَﻤَّﺖْ ﺻَﻠَﺎﺗُﻪُ ﺃَﻭْ ﺫَﻛَﺮَﻩُ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ‏( ﻭَﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥُ ﻗَﺮِﻳْﺐٌ ﺃَﺗَﻰ ﺑِﻪِ ﻭَ ﺑَﻨَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ‏) ﻣَﺎ ﺑَﻘِﻲَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ
‏( ﻭَﺳُﺠُﻮْﺩِ ﺍﻟﺴَّﻬْﻮِ ‏)
Sujud Sahwi
Sujud sahwi hukumnya adalah sunnah seperti yang akan dijelaskan. Akan hukum seperti ini ketika meninggalkan perkara yang diperintahkan atau melakukan perkara yang dilarang di dalam sholat.
ﻭَﻫُﻮَ ﺳُﻨَّﺔٌ ﻛَﻤَﺎ ﺳَﻴَﺄْﺗِﻲْ ﻟَﻜْﻦِ ﻋِﻨْﺪَ ﺗَﺮْﻙِ ﻣَﺄْﻣُﻮْﺭٍ ﺑِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺃَﻭْ ﻓِﻌْﻞِ ﻣَﻨْﻬِﻲٍّ ﻋَﻨْﻪُ ﻓِﻴْﻬَﺎ
Sunnah ab’ad ketika ditinggalkan oleh orang yang sholat, maka ia tidak diperkenankan kembali untuk melakukannya setelah ia dalam posisi melakukan bagian fardlu.
‏( ﻭَﺍﻟﺴُّﻨَّﺔُ ‏) ﺇِﻥْ ﺗَﺮَﻛَﻬَﺎ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ‏( ﻟَﺎﻳَﻌُﻮْﺩُ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻠَﺒُّﺲِ ﺑِﺎﻟْﻔَﺮْﺽِ ‏)
Sehingga, barang siapa semisal meninggalkan tasyahud awal, kemudian ia ingat setelah dalam posisi berdiri tegak, maka tidak diperkenankan kembali ke posisi tasyahud.
ﻓَﻤَﻦْ ﺗَﺮَﻙَ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪَ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝَ ﻣَﺜَﻠًﺎ ﻓَﺬَﻛَﺮَﻩُ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻋْﺘِﺪَﺍﻟِﻪِ ﻣُﺴْﺘَﻮِﻳًﺎ ﻟَﺎ ﻳَﻌُﻮْﺩُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ
Jika ia kembali ke posisi tasyahud dalam keadaan tahu akan keharamannya, maka sholatnya batal.
ﻓَﺈِﻥْ ﻋَﺎﺩَ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﻋَﺎﻟِﻤًﺎ ﺑِﺘَﺤْﺮِﻳْﻤِﻪِ ﺑَﻄَﻠَﺖْ ﺻَﻠَﺎﺗُﻪُ
Atau dalam keadaan lupa bahwa ia sedang melakukan sholat, atau tidak tahu akan keharamannya, maka sholatnya tidak batal namun harus berdiri ketika sudah ingat.
ﺃَﻭْ ﻧَﺎﺳِﻴًﺎ ﺃَﻧَّﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺃَﻭْ ﺟَﺎﻫِﻠًﺎ ﻓَﻠَﺎ ﺗَﺒْﻄُﻞُ ﺻَﻠَﺎﺗُﻪُ ﻭَﻳَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻡُ ﻋِﻨْﺪَ ﺗَﺬَﻛُّﺮِﻩِ
Jika ia adalah seorang makmum, maka wajib kembali keposisi tasyahud karena untuk mengikuti imam.
ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻣَﺄْﻣُﻮْﻣًﺎ ﻋَﺎﺩَ ﻭُﺟُﻮْﺑًﺎ ﻟِﻤُﺘَﺎﺑَﻌَﺔِ ﺇِﻣَﺎﻣِﻪِ
Akan tetapi disunnahkan baginya untuk melakukan sujud sahwi ketika dalam kasus tidak kembali atau kembali ke posisi tasyahud dalam keadaan lupa.
‏( ﻟَﻜِﻨَّﻪُ ﻳَﺴْﺠُﺪُ ﻟِﻠﺴَّﻬْﻮِ ﻋَﻨْﻬَﺎ ‏) ﻓِﻲْ ﺻُﻮْﺭَﺓِ ﻋَﺪَﻡِ ﺍﻟْﻌَﻮْﺩِ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻌَﻮْﺩِ ﻧَﺎﺳِﻴًﺎ
Yang dikehendaki mushannif dengan “sunnah” di sini adalah sunnah-sunnah ab’ad yang berjumlah enam perkara.
ﻭَﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺑِﺎﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻫُﻨَّﺎ ﺍﻟْﺄَﺑْﻌَﺎﺽَ ﺍﻟﺴِّﺘَّﺔَ
Yaitu tasyahud awal, duduk tasyahud awal, qunut di dalam sholat Subuh dan di akhir sholat witir di separuh bulan kedua dari bulan Romadlan, berdiri untuk melakukan qunut, bacaan sholawat untuk baginda Nabi Saw di dalam tasyahud awal, dan bacaan sholawat untuk keluarga baginda Nabi Saw di dalam tasyahud akhir.
ﻭَﻫِﻲَ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪُ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝُ ﻭَﻗُﻌُﻮْﺩُﻩُ ﻭَﺍﻟْﻘُﻨُﻮْﺕُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ ﻭَﻓِﻲْ ﺁﺧِﺮِ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﻣِﻦْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻡُ ﻟِﻠْﻘُﻨُﻮْﺕِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪِ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻵﻝِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪِ ﺍﻟْﺄَﺧِﻴْﺮِ .
Sunnah hai’ah seperti bacaan-bacaan tasbih dan sesamanya dari kesunahan-kesunahan yang tidak diganti dengan sujud sahwi, maka setelah meninggalkannya, seorang mushalli tidak boleh kembali untuk melakukkannya. Dan tidak boleh melakukan sujud sahwi karenanya, baik ia meninggalkan secara sengaja atau karena lupa.
‏( ﻭَﺍﻟْﻬَﻴْﺌَﺔُ ‏) ﻛَﺎﻟﺘَّﺴْﺒِﻴْﺤَﺎﺕِ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻫَﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﻟَﺎﻳُﺠْﺒَﺮُ ﺑِﺎﻟﺴُّﺠُﻮْﺩِ ‏( ﻟَﺎﻳَﻌُﻮْﺩُ ‏) ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲ ‏( ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺗَﺮْﻛِﻬَﺎ ﻭَﻟَﺎﻳَﺴْﺠُﺪُ ﻟِﻠﺴَّﻬْﻮِ ﻋَﻨْﻬَﺎ ‏) ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺗَﺮَﻛَﻬَﺎ ﻋَﻤْﺪًﺍ ﺃَﻭْ ﺳَﻬْﻮًﺍ
Ketika seorang musholli ragu-ragu di dalam jumlah rakaat yang ia lakukan, seperti orang yang ragu-ragu apakah ia telah melakukan tiga rakaat atau empat rakaat, maka wajib baginya untuk melakukan apa yang diyaqini, yaitu jumlah yang terkecil seperti tiga rakaat di dalam contoh ini, dan ia wajib menambah satu rakaat dan sunnah melakukan sujud sahwi.
‏( ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺷَﻚَّ ‏) ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ‏( ﻓِﻲْ ﻋَﺪَﺩِ ﻣَﺎ ﺃَﺗَﻰ ﺑِﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮَّﻛَﻌَﺎﺕِ ‏) ﻛَﻤَﻦْ ﺷَﻚَّ ﻫَﻞْ ﺻَﻠَّﻰ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﺃَﻭْ ﺃَﺭْﺑَﻌًﺎ ‏( ﺑَﻨَﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻴَﻘِﻴْﻦِ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟْﺄَﻗَﻞُّ ‏) ﻛَﺎﻟﺜَّﻠَﺎﺛَﺔِ ﻓِﻲْ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻤِﺜَﺎﻝِ ﻭَﺃَﺗَﻰ ﺑِﺮَﻛْﻌَﺔٍ ‏( ﻭَﺳَﺠَﺪَ ﻟِﻠﺴَّﻬْﻮِ ‏)
Dugaan kuat bahwa ia telah melakuan empat rakaat tidak bisa dibuat pegangan, dan ia juga tidak diperkenankan mengikuti ucapan orang lain yang mengatakan padanya bahwa ia telah melakukan empat rakaat, walaupun jumlah mereka mencapai jumlah
mutawatir .
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻪُ ﻏَﻠَﺒَﺔُ ﺍﻟﻈَّﻦِّ ﺃَﻧَّﻪُ ﺻَﻠَّﻰ ﺃَﺭْﺑَﻌًﺎ ﻭَﻟَﺎﻳَﻌْﻤَﻞُ ﺑِﻘَﻮْﻝِ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻟَﻪُ ﺃَﻧَّﻪُ ﺻَﻠَّﻰ ﺃَﺭْﺑَﻌًﺎ ﻭَﻟَﻮْ ﺑَﻠَﻎَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻘَﺎﺋِﻞُ ﻋَﺪَﺩَ ﺍﻟﺘَّﻮَﺍﺗُﺮِ
Sujud sahwi hukumnya sunnah sebagaimana yang telah dijelaskan, dan tempat melakukannya adalah sebelum salam.
‏( ﻭَﺳُﺠُﻮْﺩُ ﺍﻟﺴَّﻬْﻮِ ﺳُﻨَّﺔٌ ‏) ﻛَﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ‏( ﻭَﻣَﺤَﻠُّﻪُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ‏)
Jika seorang mushalli melakukan salam dengan sengaja dan tahu bahwa ia dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi, atau lupa namun masanya cukup lama secara
‘urf , maka kesunnahan untuk melakukan sujud sahwi telah hilang.
ﻓَﺈِﻥْ ﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ﻋَﺎﻣِﺪًﺍ ﻋَﺎﻟِﻤًﺎ ﺑِﺎﻟﺴَّﻬْﻮِ ﺃَﻭْ ﻧَﺎﺳِﻴًﺎ ﻭَﻃَﺎﻝَ ﺍﻟْﻔَﺼْﻞُ ﻋُﺮْﻓًﺎ ﻓَﺎﺕَ ﻣَﺤَﻠُّﻪُ
Jika masanya relatif singkat secara ‘urf , maka waktu melaksanakannya tidak hilang, dan saat itu ia di perkenakankan melakukan atau meninggalkan sujud sahwi.
ﻭَﺇِﻥْ ﻗَﺼُﺮَ ﺍﻟْﻔَﺼْﻞُ ﻋُﺮْﻓًﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﻔُﺖْ ﻭَﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ﻓَﻠَﻪُ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮْﺩُ ﻭَﺗَﺮْﻛُﻪُ .

JUMLAH RAKAAT

https://hsssnwwwayyya58.blogspot.co.id/2017/12/fathul-qorib-mujib.html 
JUMLAH RAKAAT SHALAT FARDHU (WAJIB)
(فصل)
 وركعات الفرائض سبعة عشر ركعة: فيها أربع وثلاثون سجدة وأربع وتسعون تكبيرة وتسع تشهدات وعشر تسليمات ومائة وثلاث وخمسون تسبيحة. وجملة الأركان في الصلاة مائة وستة وعشرون ركنا: في الصبح ثلاثون ركنا وفي المغرب اثنان وأربعون ركنا وفي الرباعية أربعة وخمسون ركنا. ومن عجز عن القيام في الفريضة صلى جالسا ومن عجز عن الجلوس صلى مضطجعا.
Jumlah raka’at shalat fardhu ada 17 (tujub belas) roka’at, 34 sujud, 94 takbir, 9 tahiyat, 10 salam, 153 tasbih. Jumlah rukun dalam shalat ada 126 rukun. Shalat subuh 30 rukun, maghrib 42 rukun, shalat empat rakaat ada 54 rukun.
Barangsiapa yang tidak mampu berdiri dalam shalat fardhu maka boleh shalat duduk, yang tidak mampu duduk, boleh shalat tidur miring.

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ أَوَّلَ مَا افْتُرِضَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةُ رَكْعَتَانِ رَكْعَتَانِ إِلَّا الْمَغْرِبَ فَإِنَّهَا كَانَتْ ثَلَاثًا ثُمَّ أَتَمَّ اللَّهُ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْعِشَاءَ الْآخِرَةَ أَرْبَعًا فِي الْحَضَرِ وَأَقَرَّ الصَّلَاةَ عَلَى فَرْضِهَا الْأَوَّلِ فِي السَّفَرِ

Dari Aisyah istri Nabi shollallahu alaihi wasallam beliau berkata: Pertama yang diwajibkan sholat kepada Rasulullah shollallahu alaihi wasallam adalah dua rokaat dua rokaat kecuali Maghrib yang 3 rokaat. Kemudian Allah sempurnakan (jumlah rokaat) Dzhuhur, Ashar, dan Isya’ akhir 4 rokaat dalam kondisi hadir (tidak safar) dan ditetapkan sholat sebagaimana kewajibannya yang awal di waktu safar (H.R Ahmad, dinyatakan sanadnya jayyid oleh Syaikh al-Albaniy dalam Silsilah as-Shahihah penjelasan riwayat no 2815)
Dalil Khusus Sholat Subuh : 2 Rokaat

عَنْ قَيْسِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ الصُّبْحِ رَكْعَتَانِ فَقَالَ الرَّجُلُ إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dari Qoys bin Amr –radhiyallahu anhu- beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melihat seorang laki-laki sholat dua rokaat setelah sholat Subuh. Maka Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Sholat Subuh itu dua rokaat. Maka orang itu mengatakan: Sesungguhnya aku belum sholat dua rokaat sebelumnya (sebelum sholat Subuh) maka aku mengerjakannya sekarang. Maka Rasulullah shollallahu alaihi wasallam diam (H.R Abu Dawud, dishahihkan Ibn Hibban dan al-Hakim, disepakati keshahihannya oleh adz-Dzahabiy dan al-Albaniy)
Sholat Dzhuhur : 4 rokaat

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ بِالْمَدِينَةِ أَرْبَعًا وَصَلَّى الْعَصْرَ بِذِي الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ
Dari Anas radhiyallahu bahwasanya Rasulullah shollallahu alaihi wasallam sholat Dzhuhur di Madinah 4 rokaat, dan sholat Ashar di Dzulhulaifah 2 rokaat (H.R Muslim)

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ أَزِيدَ فِي الصَّلَاةِ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوا صَلَّيْتَ خَمْسًا فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

“Sesungguhnya Nabi shollallaahu ‘alaihi wasallam sholat dzhuhur 5 rokaat, ketika selesai salam ditanyakan kepada beliau: Apakah sholat ditambah? Nabi menyatakan: Ada apa? Para Sahabat berkata: Anda telah sholat 5 rokaat. Maka beliau sujud dua kali sujud (sujud sahwi)” (H.R al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud).
Sholat Ashar : 4 rokaat

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الْعَصْرَ فَسَلَّمَ فِي ثَلَاثِ رَكَعَاتٍ ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْخِرْبَاقُ وَكَانَ فِي يَدَيْهِ طُولٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَذَكَرَ لَهُ صَنِيعَهُ وَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ حَتَّى انْتَهَى إِلَى النَّاسِ فَقَالَ أَصَدَقَ هَذَا قَالُوا نَعَمْ فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ

“Sesungguhnya Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam sholat ashr, kemudian beliau salam pada rokaat ke-3 kemudian masuk rumahnya, maka bangkitlah seseorang yang disebut al-Khirbaaq yang memiliki tangan panjang. Maka ia berkata: Wahai Rasulullah…kemudian disebutkan apa yang dilakukan Nabi. Maka beliau kemudian keluar (seperti terlihat marah) menarik selendangnya sampai (di hadapan) manusia. Kemudian beliau bertanya: ‘Apakah lelaki ini benar?’Para Sahabat menjawab: ya. Maka kemudian Nabi sholat satu rokaat, kemudian salam, kemudian sujud 2 kali sujud, kemudian salam” (H.R Muslim dari Imron bin Hushain).

لاَ تُوْتِرُوا بِثَلَاثٍ وَلَا تَشَبَّهُوْا بِصَلاَةِ الْمَغْرِبِ أَوْتِرُوْا بِخَمْسٍ أَوْ بِسَبْعٍ

Janganlah witir dengan 3 rokaat dan jangan menyerupai sholat maghrib. Berwitirlah dengan 5 atau 7 rokaat (H.R al-Hakim, dinyatakan shahih sesuai syarat al-Bukhari dan Muslim oleh adz-Dzahabiy) dalam riwayat atThohawy pada syarh Ma’aaniy al-atsar dinyatakan dengan lafadz:

لاَ تُوْتِرُوْا بِثَلَاثِ رَكَعَاتٍ تَشَبَّهُوْا بِالْمَغْرِبِ

Janganlah kalian berwitir dengan 3 rokaat yang menyerupai Maghrib (H.R atThohawiy dalam syarh Ma’aaniy al-Atsar no 1609, dinyatakan sanadnya shahih oleh al-Albaniy dalam sholaatut taraawih).
Para Ulama menjelaskan bahwa witir boleh 3 rokaat, sama jumlah rokaatnya dengan Maghrib, tapi jangan sama dalam tata caranya, yaitu ada 2 tahiyyat/tasyahhud. Kalau mau witir 3 rokaat, mestinya satu kali tahiyyat di akhir saja.
Sholat Isya’ : 4 rokaat

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ شَكَا أَهْلُ الْكُوفَةِ سَعْدًا إِلَى عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَعَزَلَهُ وَاسْتَعْمَلَ عَلَيْهِمْ عَمَّارًا فَشَكَوْا حَتَّى ذَكَرُوا أَنَّهُ لَا يُحْسِنُ يُصَلِّي فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ فَقَالَ يَا أَبَا إِسْحَاقَ إِنَّ هَؤُلَاءِ يَزْعُمُونَ أَنَّكَ لَا تُحْسِنُ تُصَلِّي قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ أَمَّا أَنَا وَاللَّهِ فَإِنِّي كُنْتُ أُصَلِّي بِهِمْ صَلَاةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَخْرِمُ عَنْهَا أُصَلِّي صَلَاةَ الْعِشَاءِ فَأَرْكُدُ فِي الْأُولَيَيْنِ وَأُخِفُّ فِي الْأُخْرَيَيْنِ

Dari Jabir bin Samuroh beliau berkata: Ahlul Kufah mengadukan Sa’ad (bin Abi Waqqosh) radhiyallahu anhu kepada Umar radhiyallahu anhu, maka Umar melepas jabatan itu (sebagai gubernur Kufah) dari Sa’d. Umar menggantikannya dengan Ammar. Penduduk Kufah mengadukan keadaan Sa’ad bahkan menyebutkan bahwa Sa’ad tidak baik dalam sholatnya. Kemudian Umar mengutus orang kepada Sa’ad dan berkata: wahai Abu Ishaq (Sa’ad), sesungguhnya orang-orang ini mengaku bahwa engkau tidak baik dalam sholat. Abu Ishaq (Sa’ad) menyatakan: Saya demi Allah telah melakukan sholat sebagaimana sholat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam. Saya tidak menguranginya. Saya melakukan sholat Isya dengan memanjangkan bacaan di dua rokaat awal dan meringankan bacaan di dua rokaat akhir… (H.R al-Bukhari)