Saturday, February 24, 2018

DUA HAK

https://hsssnwwwayyya58.blogspot.co.id/2017/12/fathul-qorib-mujib.html 
 


“فصل”
 والحقوق ضربان حقوق الله تعالى وحقوق الآدميين فأما حقوق الآدميين فهي على ثلاثة أضرب ضرب لا يقبل فيه إلا شاهدان ذكران وهو ما لا يقصد منه المال ويطلع عليه الرجال وضرب يقبل فيه شاهدان أو رجل وامرأتان أو شاهد ويمين المدعي وهو ما كان القصد منه المال وضرب يقبل فيه رجل وامرأتان أو أربع نسوة وهو ما لا يطلع عليه الرجال وأما حقوق الله تعالى فلا تقبل فيها النساء وهي على ثلاثة أضرب ضرب لا يقبل فيه أقل من أربعة وهو الزنا وضرب يقبل فيه اثنان وهو ما سوى الزنا من الحدود وضرب يقبل فيه واحد وهو هلال رمضان ولا تقبل شهادة الأعمى إلا في خمسة مواضع: الموت والنسب والملك المطلق والترجمة وما شهد به قبل العمى وما شهد به على المضبوط ولا تقبل شهادة جار لنفسه نفعا ولا دافع عنها ضررا.

Fasal

Hak itu ada dua macam: hak Alloh ta’ala dan hak adami. Adapun hak adami maka ada tiga macam:

1. Tidak diterima kecuali dengan dua saksi laki laki yaitu tujuan harta yang telah dilihatnya
2. Diterima dengan dua saksi atau satu saksi laki laki dan dua perempuan atau sati saksi laki laki dan sumpah pendakwa yaitu tujuan harta.
3. Diterima dengan saksi satu laki laki dan dua perempuan atau empat perempuan yaitu sesuatu yang belum dilihat orang tersebut.

Adapun hak Alloh maka tidak diterima didalamnya perempuan yaitu ada tiga macam:

a. Tidak diterima ketika saksi kurang dari empat yaitu: Zina
b. Diterima dengan dua saksi yaitu selain had zina
c. Diterima dengan satu saksi yaitu tanggal romadhon.

Tidak diterima kesaksian orang buta kecuali dalam lima tempat:

1. Mati
2. Nasab
3. milik mutlak
4. terjemah
5. sesuatu yang dilihat sebelum buta

Semua yang di saksikan orang buta adalah dibatasi. Tidak diterima kesaksian tetangga yang bermanfaat baginya. Dan juga tidak diterima kesaksian tetangga atas penolakan sesuatu yang berbahaya baginya.
Kemerdekaan budak

NADZAR

https://hsssnwwwayyya58.blogspot.co.id/2017/12/fathul-qorib-mujib.html 



“فصل”
 والنذر يلزم في المجازاة على مباح وطاعة كقوله إن شفى الله مريضي فلله علي أن أصلي أو أصوم أو أتصدق ويلزمه من ذلك ما يقع عليه الاسم ولا نذر في معصية كقوله إن قتلت فلانا فلله علي كذا ولا يلزم النذر على ترك مباح كقوله لا آكل لحما ولا أشرب لبنا وما أشبه ذلك.

Fasal

Nadar harus di sesuatu yang lestari serta boleh dan taat kepada Alloh. Seperti ucapan seseorang: “ bila Alloh menyembuhkan penyakit saya maka demi alloh Saya akan solat atau puasa atau sedekah” maka semuanya wajib atsnya bila terjadi atasnya nama yang diucapkan.
Dan tidak boleh nadir dlam maksiat seperti ucapan seseorang: andai aku bias membunuh fulan maka demi Alloh saya akan begini maka tidak terjadi nadir atas meninggalkan perbuatan tsb, seperti ucapannya: “ saya tidak akan makan daging dan saya tidak akan minum susu” dan yang senada dengannya Iman dan nadzhar


( ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﻓِﻲْ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡِ ‏( ﺍﻟﻨُّﺬُﻭْﺭِ ‏)

(Fasal) menjelaskan hukum-hukum nadzar.

ﺟَﻤْﻊُ ﻧَﺬْﺭٍ ﻭَﻫُﻮَ ﺑِﺬَﺍﻝٍ ﻣُﻌْﺠَﻤَﺔٍ ﺳَﺎﻛِﻨَﺔٍ ﻭَﺣُﻜِﻲَ ﻓَﺘْﺤُﻬَﺎ ﻭَﻣَﻌْﻨَﺎﻩُ ﻟُﻐَﺔً ﺍﻟْﻮَﻋْﺪُ ﺑِﺨَﻴْﺮٍ ﺃَﻭْ ﺷَﺮٍّ

Lafadz “an nudzur” adalah bentuk jama’ dari lafadz “nadzru”. Lafadz “nadzru” dengan menggunakan huruf dzal yang diberi titik satu di atas dan terbaca sukun.
Ada yang menghikayahkan dengan dzal yang terbaca fathah. Makna nadzar secara bahasa adalah berjanji dengan kebaikan atau dengan kejelekan.

 ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺍﻟْﺘِﺰَﺍﻡُ ﻗُﺮْﺑَﺔٍ ﻏَﻴْﺮِ ﻟَﺎﺯِﻣَﺔٍ ﺑِﺄَﺻْﻞِ ﺍﻟﺸَّﺮْﻉِ

Dan secara syara’ adalah menyanggupi perbuatan ibadah yang tidak wajib dengan dalil syara’

ﻭَﺍﻟﻨَّﺬْﺭُ ﺿَﺮْﺑَﺎﻥِ 

Macam-Macam Nadzar
Nadzar ada dua macam :

ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ﻧَﺬْﺭُ ﺍﻟﻠَّﺠَّﺎﺝِ ﺑِﻔَﺘْﺢِ ﺃَﻭَّﻟِﻪِ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﺘَّﻤَﺎﺩِﻱْ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺨُﺼُﻮْﻣَﺔِ 

Salah satunya adalah nadzar al lajaj dengan membaca fathah huruf awalnya, yang bermakna memperpanjang perseteruan.

 ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﻬَﺬَﺍ ﺍﻟﻨَّﺬْﺭِ ﺃَﻥْ ﻳَﺨْﺮُﺝَ ﻣَﺨْﺮَﺝَ ﺍﻟْﻴَﻤِﻴْﻦِ ﺑِﺄَﻥْ ﻳَﻘْﺼِﺪَ ﻣَﻨْﻊَ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻣِﻦْ ﺷَﻴْﺊٍ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻘْﺼِﺪَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺑَﺔَ

Yang dikehendaki dengan nadzar ini adalah nadzar yang mirip yamin dengan gambaran ia menyengaja untuk mencegah dirinya dari sesuatu dan tidak menyengaja untuk melakukan ibadah.

ﻭَﻓِﻴْﻪِ ﻛَﻔَﺎﺭَﺓُ ﻳَﻤِﻴْﻦٍ ﺃَﻭْ ﻣَﺎ ﺍﻟْﺘَﺰَﻣَﻪُ ﺑِﺎﻟﻨَّﺬْﺭِ 

Pada nadzar ini maka ia wajib membayar
kafarat yamin atau melakukan apa yang telah ia sanggupi dengan mengucapkan nadzar.

 ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﻧَﺬْﺭُ ﺍﻟْﻤُﺠَﺎﺯَﺍﺓِ ﻭَﻫُﻮَ ﻧَﻮْﻋَﺎﻥِ

Nadzar yang kedua adalah nadzar al mujazah , dan ada dua macam

ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳُﻌَﻠِّﻖَ ﺍﻟﻨَّﺎﺫِﺭُ ﻋَﻠَﻰ ﺷَﻴْﺊٍ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺍﺑْﺘِﺪَﺍﺀً ﻟِﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻲَّ ﺻَﻮْﻡٌ ﺃَﻭْ ﻋِﺘْﻖٌ 

Salah satunya adalah
nadzir (orang yang nadzar) tidak menggantungkan nadzarnya pada sesuatu seperti ucapannya pada permulaannya, “hak Allah atas diriku, bahwa aku wajib melakukan puasa atau memerdekakan budak.”

ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﺃَﻥْ ﻳُﻌَﻠِّﻘَﻪُ ﺍﻟﻨَّﺎﺫِﺭُ ﻋَﻠَﻰ ﺷَﻴْﺊٍ ﻭَﺃَﺷَﺎﺭَ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺑِﻘَﻮْﻟِﻪِ :

Yang kedua adalah
nadzir menggantungkan nadzarnya pada sesuatu. Dan mushannif memberi isyarah pada nadzar ini dengan perkataan beliau
‏( ﻭَﺍﻟﻨَّﺬْﺭُ ﻳَﻠْﺰَﻡُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤُﺠَﺎﺯَﺍﺓِ ﻋَﻠَﻰ ‏) ﻧَﺬْﺭٍ ‏( ﻣُﺒَﺎﺡٍ ﻭَﻃَﺎﻋَﺔٍ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﻨَّﺎﺫِﺭِ ‏( ﺇِﻥْ ﺷَﻔَﻰ ﻣَﺮِﻳْﻀِﻲْ ‏) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﻣَﺮَﺿِﻲْ ﺃَﻭْ ﻛُﻔِﻴْﺖُ ﺷَﺮَّ ﻋَﺪُﻭِّﻱْ ‏( ﻓَﻠِﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻲَّ ﺃَﻥْ ﺃُﺻَﻠِّﻲَ ﺃَﻭْ ﺃَﺻُﻮْﻡَ ﺃَﻭْ ﺃَﺗَﺼَﺪَّﻕَ

Di dalam nadzar al mujazah , nadzar bisa menjadi wajib pada bentuk nadzar mubah dan nadzar bentuk keta’atan seperti ucapannya, maksudnya ucapan orang yang bernadzar, “jika orang sakitku sembuh,” dalam sebagian redaksi menggunakan bahasa, “penyakitku” atau, “aku dilindungi dari kejelekan musuhku, maka Allah berhak atas diriku, bahwa aku akan melaksanakan sholat, berpuasa atau bersedekah.”

ﻭَﻳَﻠْﺰَﻣُﻪُ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﻨَّﺎﺫِﺭَ ‏( ﻣِﻦْ ﺫَﻟِﻚَ ‏) ﺃَﻱْ ﻣِﻤَّﺎ ﻧَﺬَﺭَﻩُ ﻣِﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﺃَﻭْ ﺻَﻮْﻡٍ ﺃَﻭْ ﺻَﺪَﻗَﺔٍ ‏( ﻣَﺎ ﻳَﻘَﻊُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﺎِﺳْﻢُ ‏) 

Dari semua itu, maksudnya perkara yang ia nadzari berupa sholat, puasa atau sedekah, maka wajib baginya, maksudnya bagi orang yang bernadzar untuk melaksanakan sesuatu yang sudah layak disebut dengan hal-hal tersebut

 ﻣِﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﻭَﺃَﻗَﻠُّﻬَﺎ ﺭَﻛْﻌَﺘَﺎﻥِ

Yaitu dari sholat, minimalnya dua rakaat.

ﺃَﻭْ ﺻَﻮْﻡٍ ﻭَﺃَﻗَﻠُّﻪُ ﻳَﻮْﻡٌ

atau puasa, minimalnya adalah sehari.

ﺃَﻭْ ﺻَﺪَﻗَﺔٍ ﻭَﻫِﻲَ ﺃَﻗَﻞُّ ﺷَﻴْﺊٍ ﻣِﻤَّﺎ ﻳُﺘَﻤَﻮَّﻝُ

Atau sedekah, yaitu minimal sedekah dengan sesuatu yang paling sedikit dari barang-barang yang berharga.

ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻟَﻮْ ﻧَﺬَﺭَ ﺍﻟﺘَّﺼَﺪُّﻕَ ﺑِﻤَﺎﻝٍ ﻋَﻈِﻴْﻢٍ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻘَﺎﺿِﻲْ ﺃَﺑُﻮْ ﺍﻟﻄَّﻴِّﺐِ

Begitu juga seandainya ia bernadzar akan sedekah dengan harta yang besar sebagaimana yang diungkapkan oleh al Qadli Abu Ath Thayyib.

ﺛُﻢَّ ﺻَﺮَّﺡَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺑِﻤَﻔْﻬُﻮْﻡِ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ﺳَﺎﺑِﻘًﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺒَﺎﺡٍ ﻓِﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ . 

Kemudian mushannif menjelaskan mafhum (pemahaman kebalikan) dari ungkapan beliau di depan yaitu, “nadzar perkara yang mubah”, di dalam perkataan beliau”
( ﻭَﻟَﺎ ﻧَﺬْﺭَ ﻓِﻲْ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺔٍ ‏) ﺃَﻱْ ﻟَﺎ ﻳَﻨْﻌَﻘِﺪُ ﻧَﺬْﺭُﻫَﺎ ‏( ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺇِﻥْ ﻗَﺘَﻠْﺖُ ﻓُﻠَﺎﻧًﺎ ‏) ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺣَﻖٍّ ‏( ﻓَﻠِﻠَّﻪِ ﻋَﻠَﻲَّ ﻛَﺬَﺍ ‏)

Nadzar Maksiat, Makruh & Wajib

Tidak ada nadzar di dalam perkara maksiat, maksudnya tidak sah nadzar perkara maksiat, seperti ucapan seseorang, “jika aku membunuh fulan dengan tanpa alasan yang benar, maka Allah berhak atas ini pada diriku.

ﻭَﺧَﺮَﺝَ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺼِﻴَﺔِ ﻧَﺬْﺭُ ﺍﻟْﻤَﻜْﺮُﻭْﻩِ ﻛَﻨَﺬْﺭِ ﺷَﺨْﺺٍ ﺻَﻮْﻡَ ﺍﻟﺪَّﻫْﺮِ

Dengan bahasa “maksiat”, mengecuali-kan nadzar perkara yang makruh seperti nadzarnya seseorang yang akan melakukan puasa sepanjang tahun.

ﻓَﻴَﻨْﻌَﻘِﺪُ ﻧَﺬْﺭُﻩُ ﻭَﻳَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﺍﻟْﻮَﻓَﺎﺀُ ﺑِﻪِ 


Maka nadzar perkara yang makruh tersebut hukumnya sah dan wajib baginya untuk memenuhi nadzarnya.

 ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻧَﺬْﺭُ ﻭَﺍﺟِﺐٍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﻴْﻦِ ﻛَﺎﻟﺼَّﻠَﻮَﺍﺕِ ﺍﻟْﺨَﻤْﺲِ

Dan juga tidak sah
nadzar perkara fardlu ‘ain seperti sholat lima waktu.

ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻮَﺍﺟِﺐُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜِﻔَﺎﻳَﺔِ ﻓَﻴَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﻘْﺘَﻀِﻴْﻪِ ﻛَﻠَﺎﻡُ ﺍﻟﺮَّﻭْﺿَﺔِ ﻭَﺃَﺻْﻠِﻬَﺎ .

Adapun nadzar perkara yang fardlu kifayah, maka wajib baginya untuk memenuhi nadzarnya sebagaimana indikasi dari ungkapan kitab ar Raudlah dan kitab asalnya ar Raudlah.

( ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻡُ ﺍﻟﻨَّﺬْﺭُ ‏) ﺃَﻱْ ﻟَﺎﻳَﻨْﻌَﻘِﺪُ ‏( ﻋَﻠَﻰ ﺗَﺮْﻙِ ﻣُﺒَﺎﺡٍ ‏) ﺃَﻭْ ﻓِﻌْﻠِﻪِ

Tidak wajib, maksudnya tidak sah
nadzar untuk meninggalkan atau melakukan perkara yang mubah.

ﻓَﺎﻟْﺄَﻭَّﻝُ ‏( ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻟَﺎ ﺁﻛُﻞُ ﻟَﺤْﻤًﺎ ﻭَﻟَﺎ ﺃَﺷْﺮُﺏُ ﻟَﺒَﻨًﺎ ﻭَﻣَﺎ ﺃَﺷْﺒَﻪَ ﺫَﻟِﻚَ ‏) ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺒَﺎﺡِ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻟَﺎ ﺃَﻟْﺒَﺲُ ﻛَﺬَﺍ

Yang pertama adalah seperti ucapan seseorang, “aku tidak akan memakan daging, tidak akan meminum susu” dan contoh-contoh sesamanya dari perkara-perkara yang mubah seperti ucapannya, “aku tidak akan memakai ini.”

ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﻧَﺤْﻮُ ﺁﻛُﻞُ ﻛَﺬَﺍ ﻭَﺃَﺷْﺮُﺏُ ﻛَﺬَﺍ

Yang kedua adalah seperti, “aku akan memakan ini, dan aku akan meminum ini.”
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺧَﺎﻟَﻒَ ﺍﻟﻨَّﺬْﺭَ ﺍﻟْﻤُﺒَﺎﺡَ ﻟَﺰِﻣَﻪُ ﻛَﻔَﺎﺭَﺓُ ﻳَﻤِﻴْﻦٍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺮَّﺍﺟِﺢِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﺒَﻐَﻮِﻱْ ﻭَﺗَﺒِﻌَﻪُ ﺍﻟْﻤُﺤَﺮَّﺭُ ﻭَﺍﻟْﻤِﻨْﻬَﺎﺝُ
Kosekwensi nadzar

Ketika seseorang melanggar nadzar perkara yang mubah, maka wajib baginya untuk membayar
kafarat yamin menurut pendapat ar rajih menurut pendaat al Baghawi dan diikuti oleh kitab al Muharrar dan kitab al Minhaj.

ﻟَﻜِﻦْ ﻗَﻀِﻴَّﺔُ ﻛَﻠَﺎﻡِ ﺍﻟﺮَّﻭْﺿَﺔِ ﻭَﺃَﺻْﻠِﻬَﺎ ﻋَﺪَﻡُ ﺍﻟﻠُّﺰُﻭْﻡِ

Akan tetapi indikasi dari ungkapan kitab ar Raudlah dan kitab asalnya adalah tidak wajib.

(Sumber : Kitab Fathul Qorib)