No. | Surah | Terjemahan |
---|---|---|
1. | Al-Baqarah 42 | [43] Di antara yang mereka sembunyikan itu ialah: Tuhan akan mengutus seorang Nabi dari keturunan Ismail yang akan membangun umat yang besar di belakang hari, yaitu Nabi Muhammad SAW Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
2. | Al-Baqarah 147 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
3. | Ali Imran 60 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) Ibnu Abu Hatim mengetengahkan dari Hasan, katanya, "Dua orang pendeta Nasrani dari Najran datang menemui Rasulullah saw. lalu tanya salah seorang di antara mereka, 'Siapakah bapak Isa?' Rasulullah saw. tidak segera menjawab sebelum memohon petunjuk kepada Tuhannya, maka diturunkan kepadanya, 'Demikianlah Kami membacakannya kepadamu, sebagian dari bukti-bukti, kerasulannya dan membacakan, Alquran yang penuh hikmah...' sampai dengan, '...di antara orang yang ragu-ragu.'" (Q.S. Ali Imran 58-60) Dan diketengahkan dari jalur Aufi dari Ibnu Abbas, katanya "Serombongan orang-orang Najran, termasuk para pemimpin dan pengiringnya, mereka datang menemui Nabi saw. lalu tanya mereka, 'Bagaimana kamu ini, kenapa kamu sebut-sebut pula sahabat kami?' Jawab Nabi, 'Siapa dia?' Ujar mereka, 'Isa! Kamu katakan dia hamba Allah!' 'Benar,' jawab Nabi pula. Tanya mereka, 'Pernahkah kamu melihat orang seperti Isa atau mendengar berita seperti yang dialaminya?' Setelah itu mereka keluar meninggalkan Nabi saw, maka datanglah Jibril, katanya kepada beliau, 'Katakanlah kepada mereka jika mereka datang kepadamu, 'Sesungguhnya perumpamaan Isa di sisi Allah adalah seperti Adam...,' sampai dengan firman-Nya, 'Janganlah kamu termasuk di antara orang yang ragu-ragu!'" (Q.S. Ali Imran 59-60) Baihaqi mengetengahkan dalam Dalail dari jalur Salamah bin Abdu Yasyu' dari bapaknya seterusnya dari kakeknya bahwa Rasulullah saw. menulis surat kepada warga Najran, yakni sebelum diturunkan kepadanya surat Thasin, "Atas nama Tuhan dari Ibrahim, Ishak dan Yakub, dari Muhammad yang nabi..." Di dalamnya disebutkan, "Maka orang-orang Najran itu mengutus Syurahbil bin Wadaah Al-Hamdani, Abdullah bin Syurahbil Al-Ashbahi dan Jabbar Al-Hartsi kepada Nabi saw. Perutusan ini berangkat mendatangi Nabi saw. sehingga mereka pun saling bertanya jawab. Demikianlah tanya jawab ini terus berlangsung sampai mereka menanyakan, 'Bagaimana pendapat Anda tentang Isa?' Jawab Nabi saw., 'Sampai hari ini tak ada suatu pun pendapat saya mengenai dirinya. Tinggallah tuan-tuan di sini dulu sampai saya dapat menerangkannya!' Ternyata esok paginya Allah telah menurunkan ayat ini, 'Sesungguhnya perumpamaan Isa di sisi Allah...,' sampai dengan firman-Nya, '...seraya kita memohon agar laknat Allah itu ditimpakan-Nya kepada orang-orang yang dusta.'" (Q.S. Ali Imran 59-61) Ibnu Saad mengetengahkan dalam kitab Thabaqat dari Azraq bin Qais, katanya, "Telah datang kepada Nabi saw. uskup negeri Najran bersama bawahannya, kepada mereka ditawarkannya agama Islam, Mereka menjawab, 'Sebelum Anda, kami telah Islam.' Jawab Nabi saw., 'Bohong! Ada tiga perkara yang menghalangi tuan-tuan masuk Islam, yakni ucapan tuan-tuan bahwa Allah mempunyai anak, memakan daging babi dan sujud kepada patung.' Tanya mereka, 'Siapakah bapak dari Isa?' Rasulullah tidak dapat menjawab sampai Allah menurunkan, 'Sesungguhnya perumpamaan Isa di sisi Allah...,' sampai dengan firman-Nya, '...dan sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tangguh lagi Maha Bijaksana.' (Q.S. Ali Imran 59-62) Nabi mengajak mereka untuk saling kutuk-mengutuk, tetapi mereka menolak dan setuju akan membayar upeti lalu mereka pun kembali." |
4. | Ali Imran 71 | [203] Yaitu: menutupi firman-firman Allah yang termaktub dalam Taurat dan Injil dengan perkataan-perkataan yang dibuat-buat mereka (ahli Kitab) sendiri. [204] Maksudnya: kebenaran tentang kenabian Muhammad SAW yang tersebut dalam Taurat dan Injil. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) Diriwayatkan oleh Ibnu Ishak dari Ibnu Abbas, katanya, "Berkata Abdullah bin Shaif, Adi bin Zaid dan Harts bin Auf seorang kepada yang lain, 'Marilah kita beriman kepada apa yang telah diturunkan kepada Muhammad dan para sahabatnya di pagi hari dan kita ingkar kembali di sore hari hingga mengacaukan agama mereka, semoga mereka memperbuat pula apa yang kita perbuat lalu keluar dari agama mereka.' Maka Allah pun menurunkan pada mereka, 'Wahai Ahli Kitab! Kenapa kamu campur-adukan yang hak dengan yang batil...,' sampai dengan firman-Nya, '...dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.'" (Q.S. Ali Imran 71-73) |
5. | Al-An'am 57 | [479] Maksudnya: Nabi Muhammad SAW mempunyai bukti yang nyata atas kebenarannya. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
6. | Al-Anfaal 7 | [597] Maksudnya kafilah Abu Sofyan yang membawa dagangan dari Siria. Sedangkan kelompok yang datang dari Mekkah di bawah pimpinan Utbah bin Rabi'ah bersama Abu Jahal. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
7. | Al-Anfaal 8 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
8. | At-Taubah 29 | [638] Jizyah ialah pajak per kepala yang dipungut oleh pemerintah Islam dari orang-orang yang bukan Islam, sebagai imbangan bagi keamanan diri mereka. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
9. | At-Taubah 40 | [643] Maksudnya: orang-orang kafir telah sepakat hendak membunuh Nabi SAW, maka Allah s.w.t. memberitahukan maksud jahat orang-orang kafir itu kepada Nabi SAW. Karena itu maka beliau keluar dengan ditemani oleh Abu Bakar dari Mekah dalam perjalanannya ke Madinah beliau bersembunyi di suatu gua di bukit Tsur. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
10. | At-Taubah 48 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
11. | Yunus 32 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
12. | Yunus 33 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
13. | Yunus 35 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
14. | Yunus 36 | [690] Sesuatu yang diperoleh dengan prasangkaan sama sekali tidak bisa mengantikan sesuatu yang diperoleh dengan keyakinan. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
15. | Yunus 82 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
16. | Huud 16 | [714] Maksudnya: apa yang mereka usahakan di dunia itu tidak ada pahalanya di akhirat. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
17. | Ar-Ra'd 17 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
18. | Al-Israa' 81 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
19. | Al-Kahfi 29 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
20. | Al-Anbiyaa 18 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
21. | Al-Hajj 62 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
22. | Al-Qashash 75 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
23. | Luqman 30 | [1186] Lihat not 978. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
24. | Al-Ahzab 53 | [1229] Maksudnya, pada masa Rasulullah s.a.w pernah terjadi orang-orang yang menunggu-nunggu waktu makan Rasulullah SAW lalu turun ayat ini melarang masuk rumah Rasulullah untuk makan sambil menunggu-nunggu waktu makannya Rasulullah. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
25. | Saba' 48 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
26. | Saba' 49 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
27. | Asy-Syuura 24 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
28. | Muhammad 3 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
29. | An-Najm 28 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
30. | Ash-Shaff 8 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
31. | Ash-Shaff 9 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
32. | Al-'Ashr 2 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
33. | Al-'Ashr 3 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
Wednesday, September 19, 2012
Kebenaran
Mempersatukan umat dengan agama
No. | Surah | Terjemahan |
---|---|---|
1. | Al-Anfaal 19 | [600] Maksudnya: berhenti dari memusuhi dan memerangi Rasul. [601] Maksudnya: kembali memusuhi dan memerangi Rasul. [602] Maksudnya: Allah memberi pertolongan kepada Rasul. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
2. | Al-Anfaal 36 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) Ibnu Ishaq telah mengatakan, bahwa Zuhri, Muhammad bin Yahya bin Hibban dan Ashim bin Umair bin Qatadah serta Hushain bin Abdurrahman mereka semuanya telah bercerita kepadaku, bahwa ketika orang-orang Quraisy mengalami kekalahan yang fatal dalam perang Badar, lalu mereka kembali ke Mekah. Setelah peristiwa itu Abdullah bin Abu Rabiah, Ikrimah bin Abu Jahal dan Shofwan bin Abu Umaiah bersama dengan segolongan kaum lelaki dari kabilah Quraisy yang ayah-ayah dan anak-anak mereka terbunuh dalam perang Badar, mereka semuanya berjalan menuju kepada Abu Sofyan beserta orang-orangnya yang ikut dalam kafilah tersebut dari kalangan orang-orang Quraisy. Maka mereka berkata, "Hai orang-orang Quraisy, sesungguhnya Muhammad telah membuat kalian menyendiri, dia telah membunuh orang-orang pilihan kalian, maka bantulah kami dengan harta yang kalian bawa ini untuk memeranginya kembali, barangkali saja kami dapat melampiaskan dendam kami terhadapnya." Dan ternyata Abu Sofyan dan orang-orangnya memenuhi permintaan mereka. Menurut Ibnu Abbas r.a. bahwa ayat berikut ini diturunkan berkenaan dengan mereka, yaitu firman-Nya, "Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu, menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam neraka Jahanamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan." (Q.S. Al-Anfaal 36). Ibnu Abu Hatim telah mengetengahkan sebuah hadis melalui Hakam bin Atabah yang telah menceritakan, bahwa ayat di atas diturunkan berkenaan dengan Abu Sofyan. Abu Sofyan membelanjakan hartanya sebanyak empat puluh uqiyah emas kepada orang-orang musyrikin (guna memerangi Nabi Muhammad saw.) Ibnu Jarir telah mengetengahkan sebuah hadis melalui Ibnu Abza dan Said bin Jubair yang keduanya telah bercerita, bahwa ayat di atas diturunkan berkenaan dengan Abu Sofyan. Abu Sofyan dalam perang Uhud telah menyewa tentara bayaran dari negeri Habasyah yang jumlahnya dua ribu orang personil untuk memerangi Rasulullah saw. |
3. | Al-Anbiyaa 23 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
4. | Al-Anbiyaa 52 | Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
5. | Al-Anbiyaa 92 | [972]. Maksudnya: sama dalam pokok-pokok kepercayaan dan pokok-pokok Syari'at. Asbabun Nuzul(sebab turunnya ayat) |
Subscribe to:
Posts (Atom)