Wednesday, May 16, 2012

Keutamaan Sholawat dan Salam Untuk Nabi Muhammad SAW

Dari Umar -Radhiyallahu ‘Anhu berkata: “Saya telah mendengar Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:
((إذَا سَمِعْتُمُ المُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ وَصَلُّوا عَلَيَّ فَإنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مَرَّةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا لِي الوَسِيلَةَ فَإنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِي إلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللهِ وَأرْجُو أنْ أكُونَ هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِي الوَسِيلَةَ حَلَّتْ عَلَيْهِ الشَّفَاعَةُ))
Jika kalian mendengar orang yg adzan maka ucapkanlah seperti apa yg ia ucapkan & bersholawatlah untukku karena barangsiapa yg bersholawat untukku sekali maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali, kemudian mintalah wasilah (kedudukan mulia di surga) untukku, karena ia adl sesuatu kedudukan di surga yg tidak pantas diberikan kecuali kepada seorang hamba dari hamba-hamba Allah & semoga akulah hamba itu, maka barangsiapa yg memohon untukku wasilah maka ia berhak mendapatkan syafa’at.” [H.R. Muslim]
Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:
((مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِيْنَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي))
Barangsiapa yg bersholawat untukku di waktu pagi sepuluh kali & di waktu sore sepuluh kali, maka ia berhak mendapatkan syafa’atku.” [H.R. Thabarani]
Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:
((مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا))
Barangsiapa yg bersholawat atasku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali.” [H.R. Muslim, Ahmad & perawi hadits yg tiga]
Dan dari Abdurrahman bin ‘Auf -Radhiyallahu ‘Anhu- berkata: “Saya telah mendatangi nabi sollallohu ‘alaihi wa sallam ketika ia sedang sujud & memperpanjang sujudnya. Beliau bersabda:“Saya telah didatangi Jibril, ia berkata: “Barangsiapa yg bersholawat untukmu, maka saya akan bersholawat untuknya & barangsiapa yg memberi salam untukmu maka saya akan memberi salam untuknya, maka sayapun bersujud karena bersyukur kepada Allah.” [H.R. Hakim, Ahmad & Jahadhmiy]
Ya’qub bin Zaid bin Tholhah At-Taimiy berkata: “Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah datang kepadaku (malaikat) dari Tuhanku & berkata: “Tidaklah seorang hamba yg bersholawat untukmu sekali kecuali Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali.” Maka seseorang menuju kepadanya & bertanya: “Ya Rasulullah! Apakah saya jadikan seperdua doaku untukmu?” Beliau menjawab: “Jika anda mau”. Lalu bertanya: “Apakah saya jadikan sepertiga doaku?” Beliau bersabda: “Jika anda mau” Ia bertanya: “Kalau saya jadikan seluruh doaku?” Beliau bersabda: “Jika demikian maka cukuplah Allah sebagai motivasi dunia & akhiratmu.” [H.R. Al-Jahdhami, Al-Albani berkata: “Hadits Mursal dgn Isnad yg Shohih]
Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:
((إنَّ للهِ مَلاَئِكَةً سَيَّاحِينَ يُبَلِّغُونَنِي مِنْ أُمَّتِي السَّلاَمَ))
Sesungguhnya Allah memiliki malaikat-malaikat yg berkeliling menyampaikan salam kepadaku dari umatku.” [H.R. Nasa’i & Hakim]
Rasulullah sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yg bersholawat untukku sekali maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali, diampuni sepuluh dosa-dosanya & diangkat baginya sepuluh derajat.” [H.R. Ahmad & Bukhari, Nasa’i & Hakim & ditashih oleh Al-Albani]
Hadits marfu’ dari Ibnu Mas’ud: “Manusia yg paling utama di sisiku pd hari kiamat adl orang yg paling banyak bersholawat untukku.” [H.R. Tirmidzi & berkata: “Hasan ghorib & H.R. Ibnu Hibban]
Dari Jabir bin Abdullah berkata: “Nabi sollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yg ketika mendengarkan adzan membaca:
((اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ القَائِمَةِ ، آتِ مُحَمَّدًا الوَسِيلَةَ وَالفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ))
Ya Allah! Tuhan pemilik adzan yg sempurna ini & sholat yg ditegakkan, berilah Muhammad wasilah & fadhilah & bangkitkanlah ia pd tempat terpuji yg telah Engkau janjikan untuknya.”
Maka ia berhak mendapatkan syafa’at pd hari kiamat. [H.R. Bukhari dalam shohihnya]
Oleh, Penerbit Darul Qosim - Penerjemah Sholahuddin Abdul Rahman, Lc - Murajaah :
Abu Ziyad



Sungguh beruntung bagi orang yang selalu membaca shalawat untuk nabinya, yaitu shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Begitu besarnya pahala shalawat ini sehingga Rasulullah SAW mengatakan bahwa manusia yang paling utama pada hari kiamat kelak adalah mereka yang paling banyak bershalawat padanya.

 
 
 
 
Berikut ini adalah hadits-hadits Rasululllah SAW yang menerangkan keutamaan atau fadhillah membaca shalawat nabi, Diantaranya sebagai berikut : 
 
1. "Manusia yang paling utama (dekat) di sisiku kelak pada hari kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR. Turmudzi dari Ibnu Mas'ud)
 
2. "Barang siapa membaca Shalawat kepadaku satu kali maka Allah menurunkan 10 rahmat pada orang itu."  ( HR. Muslim dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash)
 
3. "Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kamu semua adalah hari jum'at, maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari itu, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu itu diperlihatkan kepadaku." Para sahabat bertanya,"Wahai Rasulullah, bagaimana bacaan shalawat kami diperlihatkan kepada tuan, sedangkan jasad tuan telah bercampur dengan tanah?" Nabi MuhammadSAW, bersabda, " Sesungguhnya Allah mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para Nabi."  (HR Abu Dawud dari Aus bin Aus).
 
4. " Janganlah kamu semua menjadikan kuburku sebagai tempat perayaan, dan bacalah shalawat kepadaku, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu itu akan sampai kepadaku dimanapun kamu berada." (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah)
 
5. " Orang bakhil (kikir) adalah orang yang apabila mendengar namaku disebut, ia tidak membaca shalawat kepadaku." (HR. Turmudzi dari Ali)
 
6. " Tidak ada seorangpun yang mengucapkan salam kepadaku melainkan Allah mengembalikan nyawaku sehingga aku dapat menjawab salam kepadanya."  (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah)
 
7. "Dari Fadhalah bin 'Ubaid r.a berkata bahwasanya Rasullullah SAW mendengar seseorang berdo'a sewaktu shalat yang tidak mengagungkan nama Allah Ta'ala dan tidak bershalawat kepada Nabi SAW, maka Rasulullah bersabda," Orang ini tergesa-gesa." kemudian beliau memanggilnya seraya bersabda kepadanya dan kepada yang lain, " Bila salah seorang diantara kamu sholat, maka hendaklah memulai dengan memuji dan menyanjung Tuhannya Yang Maha Suci, kemudian membaca Shalawat kepadaku, baru setelah itu berdo'a sekehendak hatinya."  (HR. Abu Dawud dan Turmudzi).

No comments:

Post a Comment